Hari Harimau untuk Harimau Nong Nooch

Harimau Nong Nooch mengedipkan matanya sesekali. Hari masih pagi. Hari baru, pengunjung baru, tapi lehernya tetap diborgol besi besar. Tidak ada yang baru di hari ini buat dirinya. Pengunjung boleh tersenyum, berfoto sepuas mereka. Buatku, hal terbaik adalah berada di alam bebas sana. Mungkin begitu yang dipikirkan harimau Nong Nooch.

Saya bertemu harimau Nong Nooch ini ketika melakukan perjalanan ke Thailand. Perjalanan yang singkat, tapi saya selalu mengingat harimau ini. Apalagi hari ini, 29 Juli, adalah International Tiger Day atau Hari Harimau Sedunia.

Saya hanya selewat bertemu si Nong Nooch. Yang saya ingat, kalung besar yang tersambung dengan rantai besi ke tiang kokoh  melingkar di lehernya. Sang harimau masih dikawal dua penjaga yang terus mengamati gerak-geriknya.

Nong Noch sangat malas dan lamban hari itu. Mungkin karena masih pagi, mungkin karena memang seperti itu setiap hari. Beberapa kali dia menjatuhkan tubuh besarnya untuk berbaring. Tapi si penjaga memberi kode untuk berdiri ketika ada pengunjung yang lewat. Beberapa pengunjung menyempatkan berfoto.

Sedikit catatan tentang harimau di Hari Harimau Sedunia ini. Hari peringatan ini dibikin agar orang-orang lebih eling dan mengingat kondisi harimau yang menuju kepunahan. Harimau harus dilindungi, termasuk habitatnya. Buat saya, harimau harusnya tidak hidup dalam penangkaran.

Photo by Thomas B. on Pexels.com

Sayangnya, buat orang-orang iseng yang memiliki uang, menangkar harimau seolah menjadi lambang kejantanan. Di sosial media, kita sering melihat mereka bercanda begitu akrabnya dengan harimau. Ini seperti melihat keakraban dengan seorang penculik dengan sanderanya. Tidak ada pilihan lain selain mengikuti kemauan sang tuan.

Hari peringatan harimau hanya sehari. Besok sudah dilupakan. Sementara si Nong Nooch dan harimau-harimau di penangkaran lainnya di seluruh dunia, tetap hidup dengan kalung besi di leher atau berkeliaran di penangkaran yang sempit.

#InternationalTigerDay2020

Photo by GEORGE DESIPRIS on Pexels.com

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google photo

You are commenting using your Google account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.