Sebentar tapi Berkesan di Nong Nooch

on

Supir bus rombongan kami berkali-kali melihat jam di lengannya. Dia mulai gelisah. Dia harus membawa rombongan dari Pattaya City ke Bangkok tanpa kehilangan waktu alias on time. Kota Bangkok hari itu tidak seperti biasanya. Jalan-jalan utama akan ditutup dalam rangka acara “Bike for Dad.” Ribuan pesepeda akan tumpah ke jalan untuk memperingati ulang tahun Raja Thailand, Bhumibol Adulyadej, yang ke-88 di Desember 2015.

Rombongan harus tiba di Bangkok sebelum jalan-jalan ditutup. Masalahnya, masih ada satu destinasi lagi yang harus dikunjungi. Sialnya, destinasi itu ke arah utara yang berarti kebalikan dari arah Bangkok.  Pantas sang supir gelisah.

Nong Nooch nama destinasinya. Lengkapnya bernama Nong Nooch Tropical Garden. Taman dengan berbagai spesies tumbuhan dan satwa   yang memang menjadi salah satu atraksi wisata ketika mengunjungi Pattaya dan sekitarnya. Nong Nooch yang seluas hampir 2,5 km persegi ini salah satu taman terindah di dunia.

Setengah jam dari Pattaya, kami sudah berada di gerbang masuk Nong Nooch. Suasana hijau dan bunga sudah tampak di jalan masuk. Berbagai bagian dan jenis tanaman ada di sini. Di beberapa sudut juga tamu bisa bertemu satwa, seperti harimau atau gajah.

Taman yang sangat luas ini tak mungkin dikunjungi setiap sudut dalam waktu yang singkat. Saya banyak menghabiskan waktu di Pottery Garden. Sesuai namanya, di sini berbagai tanaman dipadu dengan berbagai desain tembikar dari tanah liat. Mulai dari pot, menara, gerbang, dan lain sebagainya. Sangat indah.

Perpaduan tembikar dengan warna tanah liat yang khas dengan hijaunya tanamanya seperti membawa pengunjung ke dunia fantasi. Terdapat juga kolam tanaman air yang luas dengan desain pot dan patung tembikar. Sayangnya, waktu yang singkat memaksa saya segera bergegas. Saya  masih sempat bertemu sepasang harimau besar yang sedang berjemur.

Kurang dari sejam kami sudah berada di jalan bebas hambatan menuju Bangkok. Wajah supir sudah tidak tegang. Kami memang gagal tiba di Bangkok tepat waktu. Tapi tak masalah karena sempat singgah di Nong Nooch. Sebentar tapi berkesan di Nong Nooch.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google photo

You are commenting using your Google account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.