Belajar Merawat Lingkungan dari Jerry

Seorang anak warga kampung Fam di kepulauan Fam, Kabupaten Rajaampat, Papua Barat, mengayuh sampan kecilnya di  pinggir dermaga desa yang kecil. Dari daratan beberapa orang berteriak. “Jerry… Jerry.. tempo (cepat),” teriak seorang perempuan. Mungkin kerabatnya. Si ibu meminta Jerry mendekat dan mengambil sesuatu yang tergenang di air. Mereka menunjuk benda berceceran di air tersebut.

Benda itu sampah plastik. Jerry mengayuh sampannya meliuk-liuk, dari tengah hingga ke pinggir pelabuhan kecil, dari bawah jembatan hingga yang di atas karang. Dalam beberapa menit, sampah plastik dari air berpindah ke sampan mungil yang gesit itu.

Setelah beberapa sampah diangkat, Jerry menjauh dengan sampannya. Dari kejauhan dia terlihat sedang bermain seperti anak-anak lain. Tapi Jerry punya misi lain. Dia memunguti sampah-sampah plastik yang mengapung.

Sampah plastik ancaman besar biota laut yang menjadi kekuatan wisata di Rajaampat. Kekhawatiran ini juga yang mendorong Pemda Kabupaten Rajaampat membuat kampanye agar turis mengganti botol plastik dengan tempat minum seperti tumbler.

Pengunjung, termasuk saya, sering lupa melakukan hal-hal kecil tersebut karena karena keindahan Rajaampat. Sampah-sampah plastik ini suatu saat akan mengancam keindahan pantai dan alam Rajaampat.  Mari belajar melindungi alam dari hal-hal kecil. Mari belajar dari anak kecil seperti Jerry.

2 Comments Add yours

  1. adnabilah says:

    Much respect for the little guy 🙂 thanks for sharing & salam kenal dari follower baru!

    1. kartosar says:

      Salam kenal. thanks

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google photo

You are commenting using your Google account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.