Jangan Hanya Motret Panggung

Saya dan Ricky melewati berbagai check point di kawasan Monas untuk masuk ke post para forografer. Saya agak deg-degan karena bukan fotografer resmi. Ricky lebih santai. Acara seperti ini santapan dia selama bertahun-tahun. Sejumlah pejabat tinggi negara, termasuk RI 1, berada di lokasi kami.

Ricky bertugas membuat content visual. Hasil jepretannya akan naik hari itu juga di media online. Saya belajar motret panggung. Beberapa tahun lalu saya sempat motret konser Linkin Park di Ancol. Hasilnya luar biasa… hancur. Waktu itu belum banyak tahu soal setting di kamera. Sekarang agak paham karena sering latihan motret. So, sering-seringlah melakukan sesuatu yang tadinya tidak paham, lama-lama akan bisa. Soal bagus atau tidak, urusan lain.

Posisi panggung cukup jauh dari boks fotografer tempat kami berada. Berbagai kamera dan lensa super zoom sudah berdiri kokoh. Cari posisi ideal tak mungkin. Nah, kale Utah begini, hasilkan foto terbaik di tempatmu berada. Begitulah dunia jurnalis foto. Kalau mau motret leluasa, ikut komunitas hobi fotografi saja. Atau, private photo shoot.

Intuisi Ricky jauh lebih baik dari saya. Ketika saya masih mikir-mikir, eh dia sudah dapat spot yang bagus. Sedetik kemudian, dia menghasilkan foto-foto yang oke. Tapi dia tidak puas, tetap ingin mencari posisi yang lebih baik. Saya coba mengekor. Dapat posisi lumayan, jepret-jepret.

Di panggung berbagai pertunjukan sedang beraksi. Pentolan SNSD, grup cewek asal Korea, Taeyeon dan Hyoyeon paling ditunggu-tunggu. Fansnya membludak. Dari ujung ke ujung. Tua muda, cowok cewek. Mereka menamakan diri Sone. Beberapa membawa spanduk. Dan semuanya memotret panggung dengan hape mereka.

Panggung bukan satu-satunya objek untuk difoto. Apalagi lensa yang saya punya tidak cuku panjang. Maksimal 300 mm. Penonton, siluet, lampu juga menarik. Lampu dari monitor penonton yang berwarna-warni lebih indah jika ditangkap dengan diafragma besar.

Oya, sebelum lupa, Ricky melakukan peliputan di acara Countdown Asian Games 2018 di Monas. Tepatnya pada 18 Agustus 2017. Saya ikut dia.

One Comment Add yours

  1. Echi says:

    sy jg paling ga paham motret.. terguguh baca motret LP ancur hehee

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google photo

You are commenting using your Google account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.