Proses Approval; Love – Hate Relationship

“Menjelang peringatan Hari Kartini, bagaimana kalau mba kita bikinin profil,”  tanya saya pada salah seorang klien. Ini pertanyaan basa-basi sebenarnya. Tujuan saya agar dia meluangkan waktu untuk approval. Banyak content yang butuh approval dari dia. Sementara tim di bawahnya tak banyak membantu. Rupa-rupanya si mba bukan tipe percaya anak buah dan tak suka mendelagasikan pekerjaan.

Saya harus berpikir strategi dan pendekatan lain ketika si mba bos menjawab sudah pernah diprofilkan. Obrolan menjadi garing, tak membangun. Komunikasi pun tak membuahkan hasil. Materi untuk di-approve semakin menumpuk.

Meminta approval dari klien salah satu proses yang harus dilewati dalam banyak proyek, termasuk content marketing. Banyak masukan dan tips di web atau saat rapat. Semuanya teori. Pada prakteknnya butuh strategi dan action yang nyata. Real. Seperti kasus di atas, ngoceh dan basa-basi kayak apa pun, approval tak berhasil. Strategi gagal.

Di proyek lain, approval bisa didapat cukup mudah karena klien memiliki tim yang profesional. PIC-nya memang dedicated untuk proyek itu. Dia bisa berkomunikasi dengan baik ke atasannya yang berwenang memberi approval, maupun ke agensi. Komunikasi yang baik seperti ini akan memudahkan proses kerja. Jika ada masalah bisa diatasi segera.

Tidak semua perusahaan yang terjun ke content marketing memahami proses kerjanya. Beberapa klien melihat ini sebagai kerja sampingan. Padahal, content dan marketing dua hal yang sangat serius. Jika ogah-ogahan, maka content yang dibuat pun akan dipasarkan dengan tidak benar.

Approval adalah level hubungan tertinggi antara klien dan agensi. Ya, yang namanya relationship, dibutuhkan kejujuran dalam berkomunikasi. Di atas tadi saya tidak jujur bertanya. Mungkin itu yang membuat klien tidak melakukan approval.

Photo by Moose Photos from Pexels, Photo by Kaboompics .com from Pexels, Photo by Andrea Piacquadio from Pexels

 

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google photo

You are commenting using your Google account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.