First Meeting, First Impression

Saya berulangkali mengontak teman, temannya teman, dan temannya temannya teman lewat WA. Akhirnya nyantol satu. Seorang penulis lepas.  Cewek. Sebenarnya banyak yang bersedia, tapi hanya dia ready saat itu untu bertemu calon klien. Saya belum pernah bertemu muka dengan dia, juga belum pernah bertemu calon klien. So, here we are.

Itu cerita singkat awal saya sebagai project manager (PM) untuk proyek yang nilainya cukup besar; Kemenpar. Ya, Kementerian Pariwisata Republik Indonesia yang sekarang menjadi Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif Republik Indonesia.

Kemenpar ingin memperkaya website pesona.travel milik mereka dengan konten-konten yang lebih baik. Kantor saya waktu itu, GSF, salah satu calon agensi yang akan mengurusinya karena dianggap berpengalaman dan berada di bawah Kompas Gramedia.

Dalam urusan klien atau calon klien, konon first impression can be the most important. Apalagi posisi kami sudah berada di atas angin karena faktor media besar tadi. Untuk mengantisipasi berbagai pertanyaan klien, kami datang dengan full team. Termasuk mengajak freelancer yang belum kami kenal tadi. Untuk apa?

Ceritanya, si klien ini ingin satu reporter yang akan “ngantor” di Kemenpar setiap hari. Mereka minta si reporter sekalian diajak meeting. Masalahnya, di kantor saya tidak punya orang karena semua produksi dilempar ke vendor. Saya pun bergerak cepat mencari orang untuk diajak meeting dulu. Demi kesan pertama tadi.

Singkat cerita, klien oke. Proyek pun saya pegang. Nilai proyek hampir satu miliar. Saya tetap pegang proyek ini sampai tiga tahun berikutnya dengan nilai hampir enam miliar. Sementara reporter freelance tadi entah dimana dan kemana. Rapat itu pertama dan terakhir bertemu dengannya.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google photo

You are commenting using your Google account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.