Lebih Dekat dengan Gunung Sinabung

Melihat dari dekat parit bekas lahar dingin yang meratakan rumah warga. Kendaraan yang membawa saya untuk ‘memburu’ erupsi gunung meliuk-liuk di jalan kecil yang bersisian dengan hutan. Sesekali harus menahan laju di tikungan untuk menghindari kendaraan lain dari arah berlawanan. Kendaraan itu semakin mendekati gunung aktif yang setiap saat bisa erupsi: Gunung Sinabung.

Sinabung berjarak kurang lebih 90 km dari kota Medan, ibukota Sumatera Utara. Butuh sekitar tiga jam perjalanan darat yang melewati beberapa kota, termasuk Berastagi, salah satu kota wisata. Dari Berastagi masih sekitar 20 menit perjalanan menuju Kabanjahe, ibukota Kabupaten Karo. Sepanjang perjalanan sesekali sosok Sinabung yang berdiri kokoh di ketinggian 2.400 dari permukaan laut (dpl).

 

Sinabung menunjukkan aktivitas erupsinya pertama kali dalam ratusan tahun di 2010. Letusan di sabtu pagi itu sangat mengerikan. Langit gelap, awan hitam bergerak cepat, dan penduduk sekitar seperti merasa di ambang bencana besar.Letusan itu yang pertama kali tercatat dalam sejarah.

 

Gunung Sinabung digolongkan tipe B atau C karena tak ada catatan pernah meletus setelah tahun 1600. Tapi tipe B dan C bisa berarti gunung api mati atau tidur panjang. Ternyata Sinabung termasuk gunung api yang tidur panjang. Kapan terakhir meletus tak diketahui karena belum pernah ada penelitian.

Desa terdekat yang kami kunjungi adalah Desa Tua Mardinding. Jaraknya hanya satu kilometer dari kaki Sinabung. Ketika terjadi letusan besar tahun 2014, seluruh warga kampung ini diungsikan. Mereka tidak diperbolehkan kembali, meski beberapa warga nekat kembali dengan alasan untuk melihat ladang dan merawat tanaman mereka.

Sinabung tak hanya menyemburkan asap ke langit, tapi juga lahar dingin yang menyusuri tanah. Saking derasnya, lahar dingin ini menghantam apa saja yang dilewatinya dan membuat jalurnya sendiri. Seperti yang terjadi di desa Kutambaru. Tampak jembatan desa roboh dan beberapa rumah hanya menyisakan pancangnya.

 

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google photo

You are commenting using your Google account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.